Partai Demokrasi Baru Menangi Pemilu Yunani

0


Samaras


Samaras menyatakan hasil pemilu Yunani menunjukan warga ingin berada di zona euro

Kemenangan tipis yang diraih partai yang pro- dana talangan , Demokrasi Baru disambut pemimpin dunia yang didorong agar Athena segera menyusun kabinet.

Negara-negara pengguna mata uang euro atau zona euro mengatakan reformasi merupakan garansi terbaik untuk menjawab tantangan ekonomi dan sosial.

AS menekankan bahwa setiap negara berkepentingan agar Yunani masih tetap berada dalam wilayah euro.

Partai Syriza yang anti dana talangan, menduduki peringkat kedua dalam perolehan suara, mengatakan akan memimpin oposisi.

Lebih dari 99% suara yang dihitung, menteri dalam negeri menyebutkan Partai Demokrasi Baru mendapat 29,7% (129 kursi), Syriza 26,9% (71 kursi) and Partai sosialis Pasok meraih 12,3% (33 kursi).

Pemilih Yunani melakukan pemungutan suara pada Minggu (17/6) setelah pemilu Mei berlangsung tanpa hasil.

Pemilu Yunani dipantau oleh negara-negara di dunia, di tengah kekhawatiran keluarnya Yunani dari zona euro yang dapat menyebarkan ketidakpastian ekonomi ke anggota yang lain dan berpengaruh terhadap kondisi ekonomi global.

Kebijakan penghematan yang dijalankan merupakan syarat untuk mendapatkan kucuran dana bagi Yunani, paket pertama senilai 110 miliar euro pada 2010, kemudian tahun lalu, bantuan diberikan sebesar 130 miliar euro.

Pasar saham merespon positif hasil pemilu di Yunani, dengan adanya kenaikan di pasar Asia.

Dalam pernyataan yang mengatasnamakan 17 menteri keuangan negara zona euro, Perdana Menteri Luxembourg Jean-Paul Juncker mengatakan bahwa melanjutkan reformasi fiskal dan struktural merupakan garansi terbaik untuk mengatasi tantangan ekonomi dan sosial dan untuk kesejahteraan Yunani di masa mendatang.

Juncker menekankan bahwa kelompok euro mengulangi pernyataan untuk membantu Yunani dalam upaya untuk mengatasi tantangan ekonomi.


Koalisi



Pemilu Yunani


Pemilu Yunani Minggu (17/6) merupakan yang kedua dalam enam pekan.

Berbicara setelah penghitungan suara berakhir, Pemimpin Partai Demokrasi Baru Samaras mengatakan Yunani memilih untuk tetap berada di zona euro.

Pemimpin Syriza Alexis Tsipras sepakat bahwa Samaras harus yang pertama kali melakukan koalisi.

Tsipras menekankan bahwa partai yang tidak masuk dalam pemerintah dan akan memposisikan sebagai oposisi yang anti program penghematan.

Demokrasi Baru harus dapat membangun koalisi mayoritas dengan partai sosialis Pasok, agar mendapatkan keuntungan jumlah kursi di Parlemen.

Bagaimanapun, koalisi tidak akan mudah dibentuk. Setelah pemilu enam pekan lalu, setiap partai besar mencoba untuk membangun koalisi tetapi gagal.

Pemimpin Pasok, Evangelos Venizelos, mengusulkan koalisi empat partai besar termasuk Demokrasi Baru, Pasok dan Demokratik Kiri dan Syriza.

"Tidak ada keputusan yang dapat diambil tanpa ada persatuan nasional," kata dia.

Analis memperkirakan Venizelos ragu-ragu mengenai keberlangsungan koalisi dengan perolehan kemenangan tipis itu.

Koresponden BBC, Mark Lowen melaporkan oposisi akan membayangi Yunani dalam kesepakatan dana talangan.

Empat partai yang anti dana talangan diperkirakan memperoleh kursi 60-70. Termasuk Golden Dawn, yang meraih 70% suara.