PREVIEW Liga Primer Inggris: Manchester United - Cardiff City

0


Duel ini akan menjadi panggung bagi Juan Mata untuk memulai debut bagi tim barunya dan juga Ole Gunnar Solskjaer, yang kembali ke Old Trafford bersama Cardiff City.


Juan Mata Manchester United Press Conference
Getty Images

GOALPembelian termahal Manchester United Juan Mata kiranya akan membuat debut melawan klub yang kini diasuh oleh mantan juru gedor Setan Merah Ole Gunnar Solskjaer saat Old Trafford menjamu Cardiff City dalam lanjutan Liga Primer matchday ke-23, Rabu (29/1) dini hari WIB.

Gelandang asal Spanyol itu sebelum ini menuntaskan kepindahan ke United dengan mahar senilai 37,1 juta poundsterling dari Chelsea, dan diharapkan akan masuk dalam starting line-up.



Dalam hal ini, kedatangan Mata tentu menjadi dorongan besar untuk tim tuan rumah, yang sebelumnya tersisih lewat drama adu penalti di babak semi-final Piala Liga melawan Sunderland pekan lalu setelah sebelumnya juga kalah 3-0 dari Chelsea.

Manajer David Moyes kiranya berharap penuh pada Mata untuk menyuguhkan umpan-umpan berkelasnya mengingat timnya jelas kurang di aspek tersebut. Dan untuk saat ini, mereka tertinggal 14 poin dari sang pemuncak kalsemen Arsenal akibat performa yang kurang stabil.

Sementara itu, di pertemuan pertama pada November silam, Cardiff sukses menahan imbang United 2-2 dalam pertemuan pertama sejak 1975, namun kini The Bluebirds ditangani oleh Solskjaer yang menggantikan Malky Mackay.

Pria berusia 40 tahun itu dipastikan akan mendapat sambutan meriah dari Old Trafford, tempat yang pernah ia jejaki selama 11 tahun saat masih berkarir sebagai pemain dengan menghadirkan berbagai gelar, termasuk treble pada 1999.

Sosok asal Norwegia itu kini ditugasi untuk mencegah Cardiff turun kasta dari Liga Primer, namun mereka malah tergelincir ke posisi terbawah usai ditumbangkan Manchester City 4-2 di laga liga terakhir.

Cardiff pastinya harus meningkatkan performa tandang mereka guna terhindar dari degradasi, sebagaimana mereka yang baru menang sekali di kasta tertinggi.

Akan tetapi, hal tersebut kiranya sulit dilakukan mengingat United yang kemungkinan akan kembali diperkuat oleh duo striker Wayne Rooney dan Robin Persie, yang telah kembali berlatih jelang partai ini.

Moyes nantinya masih akan menilai kondisi Rio Ferdinand (lutut), Luis Nani (hamstring) dan Michael Carrick (engkel), namun kapten Nemanja Vidic tidak bisa tampil mengingat ia masih harus menjalani hukuman larangan bermain setelah dikartu merah di laga melawan Chelsea.

Kenywyne Jones kemungkinan bisa membuat debut untuk Cardiff jika pertukarannya dengan Peter Odemwingie selesai tepat pada waktunya, dan striker Jo Inge Berget juga demikian menyusul kepindahannya dari Molde pekan lalu.