Hilangkan Stres Setelah UN, Guru dan Siswa Pijit-pijitan bersama

0
guru dan siswa pijit 
Menghilangkan stres di hari terakhir Ujian Nasional (UN), siswa dan guru yang ada di MAN (Madrasah Aliyah Negeri) 5 Jombang menggelar relaksasi, Kamis (19/4/2012). Yakni pijit-pijitan secara bergantian antara guru dengan murid. Relaksasi itu dilakukan saat istirahat jam pertama.

Bukan hanya itu, peserta Unas juga mendapatkan snack. Dengan begitu, saat ujian kedua dimulai peserta bisa mengerjakan kembali dengan fresh. "Lumayan fresh. Jadi bisa mengerjakan ujian lagi," kata Yunia, salah satu peserta saat ditemui depan ruangan kelas MAN 5 Jombang.

Aksi pijit itu dilakukan di depan ruangan UN. Mereka berjajar saling membelakangi. Setelah itu yang di belakang memijit orang yang di depannya. Begitu seterusnya. Setelah itu, para peserta Unas itu berbalik arah. Sehingga yang barusan memijit gantian dipijit. "Sekali lagi, ini untuk menghilangkan penat setelah mengerjakan ujian selama dua jam," tambah Neneng, peserta ujian lainnya.

Sementara itu, Kepala MAN 5 Jombang, Fatoni mengatakan, kegiatan para pelajar itu dilakukan secara spontan. Hal itu dilakukan agar peserta ujian tidak terlalu stres setelah mengerjakan soal-soal UN. Pasalnya, selama empat hari ini mereka harus memeras otak mengerjakan ujian. "Dengan relaksasi, para peserta ujian bisa lebih segar," kata Fatoni.