Terlibat korupsi, mantan kepala polisi China dipenjara seumur hidup

0



Terlibat korupsi, mantan kepala polisi China dipenjara seumur hidup
Zhou Yongkang. ©ibtimes.com

Merdeka.com - Mantan kepala polisi China hari ini dijatuhi vonis hukuman penjara seumur hidup lantaran terlibat kasus korupsi.

Zhou Yongkang, mantan anggota Partai Komunis China, menjadi target terbesar dalam kampanye pemberantasan korupsi yang digembar-gemborkan Presiden Xi Jinping.

Pengadilan Negeri Tianjin mengatakan Zhou divonis bersalah karena menerima suap, menyalahgunakan kekuasaan dan membocorkan rahasia negara. Pengadilan itu digelar tertutup, seperti dilansir BBC, Kamis (11/6).

Vonis pengadilan itu juga memerintahkan seluruh harta pribadi Zhou disita.

Menurut pengadilan, Zhou menerima suap langsung senilai total Rp 279 miliar dan menyalahgunakan kekuasaannya untuk memberikan keuntungan senilai Rp 4,5 triliun bagi orang lain dari kesepakatan bisnis. Akibatnya negara mengalami kerugian sebesar Rp 3 triliun.

Pengadilan menyatakan Zhou menerima vonis itu dan tidak akan mengajukan banding. Kasus korupsi biasanya berujung pada hukuman mati namun Zhou mendapat keringanan setelah mau mengaku dan memerintahkan rekan-rekannya untuk mengembalikan uang korupsi ke negara.