Meski Terus Ditembaki, Baron 'Si Monyet Ngamuk' Palmerah Masih Bebas

0



Warga Berburu Baron
Jakarta - Baron, monyet yang menyerang warga di Palmerah, Jakarta Barat, terus ditembaki warga dengan senapan angin. Namun hingga sore tadi, monyet itu belum bisa tertangkap.

"Sampai sore tadi belum tertangkap, tapi warga masih pada bawa senjata buat nembakin, cuman nggak kena-kena," kata Sudarno, aktivis dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN), yang ikut membantu perburuan di lokasi, saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (9/1/2013).

Menurut Sudarno, kondisi Baron memang sempat limbung setelah terkena obat bius dan peluru mimis dari warga tadi pagi. Namun siang hingga sore, monyet itu tetap bisa lolos dari kejaran warga dan perangkap yang sudah disiapkan tim JAAN.

"Malah makin sore, makin agresif, karena dia merasa terancam dengan tembakan warga. Harusnya nggak ditembakin," terangnya.

Tim dari JAAN pun memutuskan untuk menyudahi upaya penangkapan pada hari ini. Pihaknya sudah tak bisa menahan laju warga yang ingin menembaki Baron.

"Sekarang kita sudahi dulu, besok kita datang lagi. Mudah-mudahan bisa tertangkap hidup," harapnya.

Monyet yang diberi nama Baron itu lepas dari rantai pemiliknya sejak Selasa pekan lalu. Sudin Peternakan Jakbar memastikan ada dua warga yang diserang monyet milik pria bernama Iwan itu.

Sejumlah warga, petugas Sudin Peternakan, Kepolisian, hingga aktivis pecinta binatang sudah berusaha menangkap Baron dengan berbagai cara, termasuk dengan mendatangkan monyet betina bernama Siti untuk memancing Baron. Namun tak kunjung berhasil.