SBY Blusukan untuk Pantau Hasil Kerja Menteri

0


SBY Blusukan
Jakarta - Wakil Ketua Umum PD Max Sopacua menilai kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke kampung nelayan di Tangerang tak sembarang blusukan. SBY blusukan dalam rangka memantau hasil kerja para menteri.

Untuk kunjungan ke Tangerang pada Jumat lalu, sebenarnya SBY memantau hasil kerja sejumlah menteri. Seperti rencana pembuatan pemecah ombak oleh Menteri PU, masalah desa nelayan yang dikelola Kementerian KP, dan masalah kredit usaha rakyat yang dikelola Kemenko Kesra.

"Sekarang ini kan menjelang masa akhir jabatan beliau sampai turun langsung untuk memantau bagaimana kondisi masyarakat dan seperti apa hasil kerja para menterinya," kata Wakil Ketua Umum PD Max Sopacua, kepada detikcom, Minggu (6/1/2013).

Max menuturkan, melalui kunjungan langsung, SBY ingin memastikan para menterinya bekerja dengan baik. Sehingga semua program yang dilaporkan dalam kabinet dilaksanakan dengan baik.

"Memantau implementasi kebijakan pemerintah yang oleh para menteri tidak dilaksanakan dengan baik. Seperti soal kredit usaha rakyat yang tidak berjalan itu kan mestinya tanggung jawab menteri, sampai Gubernur dan Bupati. Beliau sangat kecewa masalah ini tidak diketahui rakyat," katanya.

SBY pun menurut Max akan terus blusukan, tentu tidak meniru gaya Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi). "Pak SBY itu kan sudah dari dulu blusukan ke dalam dan luar negeri itu kan juga karena kepentingan bangsa," kilahnya.

Pada Kamis 4 Januari kemarin, SBY mengunjungi Kampung Nelayan di Tangerang. Ia tak menggunakan mobil RI 1 seperti biasa, tapi mobil berpelat nomor B 1909 RFS. Rangkaian kendaraan yang ikut pun tak banyak.

Alhasil, banyak warga yang kaget dan bahkan tak tahu kalau pria nomor satu di Indonesia itu sedang melintas di jalanan. Sepanjang perjalanan menuju desa Tanjung Pasir, SBY disuguhi pemandangan jalanan sempit, macet, warga yang sedang mencuci, mandi di kali yang kotor, hingga persoalan sampah.

Sementara di lokasi kampung nelayan pun tak jauh berbeda. Warga mengeluhkan sanitasi yang kurang baik, bantuan solar untuk melaut yang kurang, hingga masalah pendidikan.

Bahkan, Bupati Tangerang Ismet Iskandar tidak tahu soal kunjungan SBY. Dia sempat datang terlambat ke lokasi.