Bom Bunuh Diri Tewaskan 12 Orang di Afghanistan

0
Kabul, Aksi bom bunuh diri kembali terjadi di Afghanistan. Seorang pengebom bunuh diri menargetkan pasukan militer asing di Afghanistan utara hari ini. Sekitar 12 orang tewas dalam serangan itu.

Namun identitas para korban masih belum jelas. Bom bunuh diri itu terjadi di dekat sebuah taman di Maymana, ibukota Provinsi Faryab.

"Seorang pengebom bunuh diri menargetkan sekelompok teman-teman asing. Mereka militer," ujar Gubernur Provinsi Faryab Abdul Haq Shafaq kepada kantor berita AFP, Rabu (4/4/2012).

"Ada korban-korban, yang tewas dan terluka, namun jumlah pasti korban tewas belum diketahui. Saya tidak tahu kebangsaan mereka," imbuhnya.

Faryab yang berbatasan dengan Turkmenistan, jauh dari pusat gerakan Taliban di Afghanistan selatan dan timur. Meski begitu, para milisi berada di sejumlah daerah di provinsi tersebut dan beberapa kali telah terjadi serangan sporadis.

Sebagian besar pasukan asing yang ditempatkan di Faryab adalah prajurit Norwegia. Juru bicara pasukan bersenjata Norwegia Letkol John Espen Lien menyampaikan hal serupa. "Ada banyak yang tewas dan luka-luka," tuturnya.

"Jumlah yang saya tahu saat ini adalah sedikitnya 12 orang tewas, namun angka ini belum pasti," imbuhnya.

Sejauh ini belum ada pihak yang mengklaim bertanggung jawab atas aksi bom bunuh diri itu.