pusat gempa di aceh,,

0
Gempa berkekuatan 8,5 Skala Richter mengguncang wilayah Aceh hari ini. Namun, PT Pertamina menegaskan seluruh kilang minyak milik perusahaan yang berada di pantai timur Sumatera serta seluruh depot bahan bakar minyak (BBM) dalam kondisi aman.

Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina, Mochamad Harun, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com, Rabu, 11 April 2012, mengatakan, Pertamina memiliki kilang LNG di kawasan Arun, Nanggroe Aceh Darussalam. Namun, hingga kini, kilang tersebut dalam kondisi aman. Begitu pula dengan kondisi depot BBM yang berada di pantai timur Sumatera.

Sementara itu, di wilayah Sumatera Utara, kondisi aman juga terjadi di sejumlah terminal BBM milik Pertamina di Sibolga dan Teluk Kabung.
Untuk Depot Meulaboh, Simeulue, dan Krueng Raya Banda Aceh juga dilaporkan dalam kondisi aman, sehingga semua fasilitas Pertamina di daerah tersebut dipastikan beroperasi seperti biasa.
Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika mengumumkan telah terjadi gempa bumi yang mengguncang wilayah Sumatera, Rabu 11 April 2012. Data terbaru menunjukkan kekuatan gempa 8,5 Skala Richter.
Gempa terjadi pada pukul 15.38 WIB, lokasi gempa berada di 2.31 Lintang utara dan 92.67 Bujur Timur. Kedalaman gempa 10 kilometer.

Gempa juga terasa di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, dan Lampung. BMKG juga mengeluarkan peringatan dini tsunami. Warga di Aceh langsung panik dan lari ke dataran tinggi.